Koneksi Internet via Handphone Sony Ericsson K510i

GPD 40841 56 0 4000Bukan lagi pamer HP, tapi ingin berbagi buat rekan-rekan yang tidak punya koneksi internet atau kesulitan mencari koneksi internet seperti saya. Warnet didaerah saya tidak ada, menggunakan layanan dari salah satu penyedia telekomunikasi paling tua mahalnya minta ampun ditambah koneksi yang lambat. Akhirnya saya coba-coba menggunakan koneksi via ponsel, terlambat mungkin dari rekan-rekan yang lain yang sudah lebih dulu menggunakan fasilitas ini. Kecepatan yang saya dapat lumayan sampai 112,5 kbps (info resmi 115 kbps) dan itu juga tergantung sinyal yang didapat dan kualitas modem dari ponsel yang digunakan. OK kita bedah apa yang saya gunakan untuk koneksi ke internet. Saya menggunakan komputer Pentium(R) 4 CPU 2.00 Ghz, RAM 512 Mb, Ponsel Sony Ericsson K510i, Kartu Prabayar IM3 (GPRS).

Saya menggunakan IM3 karena provider yang satu ini memberikan pelayanan koneksi internet dengan 2 cara pentarifan yaitu dihitung sesuai durasi waktu dan sesuai volume. Biaya yang kita keluarkan sesuai dengan durasi waktu adalah Rp. 6000 per jam dan biaya untuk volume Rp. 1,1 perkilobyte, lumayan murah. Walau masih lebih mahal dari warnet. Tapi kelebihannya kita bisa koneksi internet kapan saja dimana saja, tanpa harus berangkat dulu cari warnet atau cari jaringan telephone. Kalo misal ada kepentingan kirim email tengah malam gimana coba, udah jalannya melewati makan besar, tidak ada kendaraan wah ribet pokoknya. Mendingan dari rumah bisa sambil ngopi, makan cemilan, santai……….

Berikut langkah-langkah membuat koneksi ke internet :

  1. Install driver Sony Ericsson K510i (drivernya saja tidak keseluruhan dengan PC Suitenya) pada komputer anda.
  2. Install software MobTime Cell Phone Manager 2006 (silahkan download disitus resminya atau cari di Google)
  3. Aktifkan fasilitas GPRS dengan mengirim SMS dengan format GPRS<spasi>SONY ERICSSON K510i dan kirim ke 3939, tunggu beberapa saat sampai ada balasan.
  4. Jika ada balasan yang meminta kita untuk menginstal fasilitas GPRS tekan YA, maka secara otomatis settingan GPRS pada HP kita sudah jadi dan siap digunakan (saya tidak merubah settingan pada ponsel setelah proses penginstalan)
  5. Hubungkan ponsel dengan komputer
  6. Aktifkan MobTime Cell Phone Manager 2006 tunggu beberapa saat hingga software ini mengenali ponsel kita, jika sudah dikenali tutup software ini
  7. Aktifkan software Dialup Internet dari menu Programs=>Cell Phone Manager
  8. Kemudian klik toolbar yang ada gambar tambahnya (+) seperti dibawah ini dan isi seperti dibawah ini :
  9. Isikan data berikut Name : Bebas saja, APN : http://www.indosat-m3.net, Phone Number : *99***1#, User Name : indosat@durasi, Password : indosat@durasi (password dan username ini digunakan bila ingin perhitungan biayanya secara durasi waktu jika ingin secara perhitungan volume masukan password dan username : indosat)
  10. Setelah settingan ini jadi klik OK dan klik toolbar Dial-up, asik nyambung……..
  11. Browse dan browse……….. chat dan chat……….. tenang berinternet, set saja pulsa anda Rp. 10.000 lumayan satu jam lebih. Pulsa habis koneksi putus………………beli lagi…………. :)
  12. Gunakan Browser Firefox saja yang cepat
  13. Tunggu kiat-kiat berikutnya……………………………………………………………………………….

Dialup Internet

67 thoughts on “Koneksi Internet via Handphone Sony Ericsson K510i

  1. mas, sy pake vista sedangkan pc suite tdk suport vista jd gak bs di instal. Apa pake MTCPM bs ? phone number diisi no hp kah ? ato diisi sesuai contoh ( *99**1#). mkasih…

  2. salam kenal mas…thx atas infonya….kebetulan saya jg menggunakan tipe handset yg sama dg milik mas. Saya juga mau tanya mas (maklum saya awam dg hal-hal beginian), mgk mas bisa ksh referensi utk software yg bs kita installin ke handset supaya kita bs ngakses internet/YM langsung dr handset tanpa lewat PC. Setahu saya (maaf kl salah), kl kita chatting via handset (lwt YM mslnya) bukankah biayanya lbh murah drpd kita SMS-an biasa?trs kira2x keuntungan & kelemahannya apa. Sekali lagi thx atas informasinya…(ini email saya : mata_biroe@yahoo.co.id)

  3. Buat temen-temen, yang mau chat dari ponsel tanpa pc bisa menggunakan beberapa software yang dapat anda download dari ponsel atau pc kemudian di install ke ponsel, banyak software untuk ponsel di sediakan di http://www.getjar.com/software/Sony-Ericsson.
    Cobalah ada mig33, easychat dan masih banyak pilihan lainnya. selamat mencoba kalau ada yang menemukan yang paling enak dan mudah silahkan komen disini…

  4. kalo speed 112,5 kbps itu bukan bandwitdh dari koneksi internetnya, bro. Itu speed transfer data dari HP ke kompi. Kalo mau tahu speednya dapat berapa, klik aja di sijiwae.net/speedtest. kalo gue pake XL tarif 380ribu sebulan tanpa batas. kalo situsnya kalo ga salah internetflat.co.cc

  5. Mas…. Saya Sudah mencoba meng set, saya kira akan sukses karna sudah ada tampilan mau konek tapi setelah ditunggu malah gagal, dan saya selalu mencobanya berulang-ulang,sampai-sampai saya sering merestart pc nya.
    malah saya udah telp ke operator indosat untuk mengaktifkan GPRS di hp saya
    kalau begitu apanya yang salah ya mas………

  6. Aaya make HP SonyEricson W850i….
    Koneksi internetnya dah nyambung tapi berhubung modem yg dipake yaitu modem hp tersebut waktu download dan loadingya agak lambat. yang ingin saya tanyain sama mas bisa nggak modem yg dipake modem yg lain (internal, external)???
    kalo bisa kasih petunjuknya dong???
    terima ksaih…………………

  7. lambet bener bro koneksinya…
    tau caranya biar cepet gk…
    masa kalah sama modem CDMA dari nokia yg bisa max port speednya sampe 230400
    sedangkan modem SE cuma 115200

    tapi klo lewat bluetoot gmn trasnfer ratenya bos/..
    bls ke bandits.zone@gmail.com y…….

  8. tHanKz Tas InfO nA….SaYa akN MncBa’a.

    oh Iya Ko Klo D tMbh AplIkasi AL_QUR”AN Hp saya berat bgt n klo d mti’an ga idup2. knp yUpz.???!!!

  9. saya pernah mencoba trik yang ada dalam blog ini, tapi setelah di instal mobtime managernya ga terbaca ketika HPnya disambung ke komputer. gimana ya,,,,,,?

    soalnya saya butuh banget koneksi internet!
    trims atas penjelasannya?

  10. Mas….tarifnya itu per jam ya??? bukan per kb??

    Mm…q jg pake m3 soalna….

    Kalo wat game online tu pulsa tetep jalan pa kalo connect??

    balez ke e-mail ya,,,,,

    GhunZ_gettooo..

  11. Ping-balik: Koneksi Internet via HP « Refleksi dan Blog Tutorial

  12. saya pengguna sony ericsson k510i, tapi kalau buat ga pernah bisa digunain sebagai modem,,,
    padahal PC suite dah diinstall..
    hp sudah aktif GPRS..
    tapi saat dial nya tetep ga bisa nyambung….
    bagi temen-temen ato rekan-rekan yang mau menbantu bisa kirim file ke email saya oreo_xl@yahoo.co.id
    maturnuwun..

  13. duh . . . . qo ga bisa yah, aku da nginstal driver soner ku k510i tapi ko ga ngedetec di vista yah ,. . .. ada yang punya solusi , , tolongin dunk . . . kalo ada yang punya softwarenya atawa referensi software buat insalasi driver vistanya, kasih tau aku yah di abie_integritee@yahoo.com

  14. 115.2 kbps itu bukan kecepatan internet cuma tx rx data serial dari HP
    dan itu bisa dipercepat sampai 921.6 kbps

    kalo pingin cepat koneksinya pakai telkomflash unlimitid (gak promosi)

  15. kl yg pake simpati pede (telkomsel) cara nya gmnnya ya??
    saya sudah mengaktifkan GPRSnya
    tapi APN, Phone Number, User Name, ama Password nya apa ya..??

  16. Hai..mas lam knl!
    Mas,teman saya bertanya pada saya tentang settingan email di hp ny tapi saya kurang tau..klo setting e-maiL di SE K 510 i gmn?providernya telkomsel,n pk krt As’…mohon bantuannya!sblm dan sesudahnya trmksh

  17. apakah driver sony ericssonnya ad pada paket pembelian ato qta harus donlot dulu???
    klo pake kartu selain indosat, gmn ya caranya???Pliz tolongin ya…

  18. mohon maaf sbelumnya, sbenernya klo menggunakan modem hp kasihan dng hpnya bisa2 blank alias minta flash ulang… saya dah lama menggunakn hp sbgai modem bnyak hp yg saya gunakan trmasuk SE K510i. kecepat bisa druba sampai 920kbps… dngn cara menset modem d device manajer, tp menurut saya lebh baik menggunakn modem eksternal aja pakai kartu flexy 1minggu cuma 15rb unlimitd atau harian 2500/hari, daftarn aja d 2255 dng ketik REG HARIAN/MINGGUAN, cara brhenti STOP… coba aja sapa tau cocok bg yg cocok..

  19. tolong mas bantu saya, sy pk SE K510i, pc nya AMDdualcore 2,6, sambungan pk kabel data W125,,,,, smua proses install sdh benar,,,, tp waktu sy DIAL. keluar ERROR 720:
    isinya kira2 your remote computer is not estabilished for this conection
    itu maksudnya apa? apa dr installnya ga bener atau computer nya yg bermasalah
    tolong cariin solusinya ya Mas
    sy tunggu jawabannya di (babehgood@yahoo.com)

  20. mas gmn cr nya guna in chat kawan ku di p0nsel se k510.?gmn sih cr bkin acount di chat kawanku,aku udh berkali2 bkin acount tp ttp aja gak bs..makasih mas sblm nya.

  21. walah…………………lu semua pada kena pulsa ya………………..kyk gw donk pulsa abis masih bisa browsing puas pke karu xl…………….wkwkwkwwk

  22. Ping-balik: Berinternet di Laptop via SE K510i | jawe's blog

Berikan Balasan

