Search and Find Anything with Google – Part 1

Mencari sesuatu di Internet? Bingung apa yang harus digunakan? Tanya sama teman not responding yang akhirnya membuat kita jadi End Task karena lihat tagihan warnet membengkak tapi yang dicari belum ketemu, bisa-bisa malem minggu tidak bisa berkunjung kerumah calon mertua (padahal sekarang pacarnya lagi selingkuh). Kalau sudah seperti ini langsung Shutdown. Wah kacian deh loe!!!!🙂
Padahal yang namanya Google super hebat, nah sebelum ke warnet atau mau konek dirumah sendiri buat dulu beberapa pertanyaan supaya kita bisa konsentrasi terhadap apa yang akan kita lakukan dengan binatang internet, biasanya (terutama saya) kalau sudah konek (ma’af “e” jangan diganti dengan “a”) bisa terus lupa dengan apa yang dicari. Nah kalau yang dicari software terbaru kunjungi langsung situs penyedianya, atau ke situs penyedia download (misal : download(dot)com, tucows(dot)com, c-net(dot)com de-es-be)
Nah kalau ternyata kamu pengin software yang lengkap (baca : full, mantep, nikmat, gratis lagi) wah salah kalau kamu mengunjungi situs penyedianya, lalu kemana? Yah hari gini masih nanya? Kembali ke “Laptop”, kamu mesti mengunjungi situs hoster (baca : penyedia layanan simpan-ambil file) seperti rapidshare, 4shared, turboupload, megaupload, gudangupload (yang terakhir Asli Indonesia) dan masih banyak lagi. Tapi secara pribadi, saya paling sering menggunakan layanan RapidShare.de karena situs inilah yang paling populer di antara yang lainnya. Lalu apa hubungannya dengan Google? Mbalek maning maring “Google”, kita menggunakan layanan google sebagai mesin pencari karena pada rapidshare atau yang lainnya tidak semua menyediakan fasilitas search (mencari file yang ada di hoster tersebut) maka kita gunakan Google untuk mencarinya. Bagaimana caranya supaya yang kita cari itu ditampilkan secara spesifik oleh google sesuai dengan file yang dicari, sesuai dengan ekstension-nya, dan hanya berasal dari situs yang kita tuju? Misal : saya sedang mencari software “cdcatalouger.exe” dari situs rapidshare maka masukan kata kunci di google sebagai berikut “+inurl:cdcatalouger site:rapidshare.de” tanpa tanda kutip tanpa ektensi exe, maka google akan menampilkan sesuatu yang terdapat pada inurl (yaitu cdcatalouger) dari situs yang ada pada site (yaitu rapidshare.de). Mudahkan?!🙂 Bagaimana kalau tidak ditemukan? Kita gunakan pencarian umum dengan teknik penyaringan ekstension, tetapi membutuhkan waktu kita untuk mencarinya lumayan cukup lama karena google akan menampilkan semua yang ber-ekstension sama, caranya masukan kata kunci di google “+inurl:exe|rar|zip site:rapidshare.de” tanpa tanda kutip, maka google akan menampilkan semua yang berekstension exe, zip dan rar dari situs rapidshare, (saran : sebaiknya anda masukan ketiga jenis ekstensi tersebut exe, zip, dan rar) wah semakin mudah berinternet nih. Ya jelas Google atuh ……….🙂
Ada pertanyaan lagi, bagaimana kalau yang kita cari bukan ber-ekstensi seperti diatas, misal saya cari mov, avi, mpg, wmv dan lain sebagainya? Gampang kita ganti saja exe, zip atau rar dengan ekstensi yang akan kita cari, “+inurl:avi|mpg|wmv site:rapidshare.de” tanpa tanda kutip. Selamat berselancar dengan mudah bro….
Satu lagi pertanyaan, (wah bodoh banget nanya terus yang di atas juga belum dicoba). Bagaimana kalau yang dicari berekstension PDF? Nah pertanyaang bagus, caranya kamu masukan kata kunci di google [pdf “rapidshare.de/files” site:rapidshare.de] tanpa kurung, sertakan tanda kutip. Sudah ah nanya terus tunggu saja “Search and Find Anything with Google – Part 2”.

One thought on “Search and Find Anything with Google – Part 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s