Search and Find Anything with Google – Part 2

Pada Search and Find Anything with Google – Part 1 saya telah membahas bagaimana kita menggunakan kata kunci (sintaks) +inurl dan site, sekarang mari kita lanjutkan kata kunci lain untuk memaksimalkan mesin pencari Google. Pada bagian 2 ini kita akan membahas kata kunci intitle dan allintitle, ini sintaks untuk membatasi pencarian yang hanya menghasilkan judul yang mengandung informasi pada topik yang dimaksud. Misal saya mau mencari suatu tulisan tentang PCMAV RC16 pada situs dehagoblog.wordpress.com, maka gunakan sintaks sebagai berikut “+intitle:pcmav rc16 site:dehagoblog.wordpress.com”(tanpa tanda kutip). Maka Google akan menampilkan halaman yang mengandung kata “pcmav” sebagai judulnya, dengan prioritas utama “rc16”.

Lalu bagaimana jika yang kita cari memiliki dua atau lebih kata kunci utama, maka gunakanlah sintaks sebagai berikut “+allintitle:pcmav rc16 site:dehagoblog.wordpress.com” (tanpa tanda kutip), Google akan membatasi pada dua subjek utama judul yaitu “pcmav” dan “rc16”. Mohon rekan-rekan bedakan antara “+inurl:pcmav site:dehagoblog.wordpress.com” dengan “+intitle:pcmav site:dehagoblog.wordpress.com”, karena dengan sintaks inurl Google hanya akan menampilkan link yang ada kata “pcmav” (contoh hasil yang ditampilkan ; https://dehagoblog.wordpress.com/2007/pcmav<=perhatikan tanda panah ada kata “pcmav”) sedangkan dengan sintaks intitle Google hanya akan menampilkan halaman dari suatu link/situs yang ada kata “pcmav” (contoh hasil yang ditampilkan ; https://dehagoblog.wordpress.com/2007 <= perhatikan tidak ada kata “pcmav” pada link-nya) karena kata “pcmav” terdapat pada halamannya bukan pada link-nya. Sama halnya dengan sintaks ‘intitle’ yang memiliki sintaks ‘allintitle’, pada sintaks ‘inurl’ pun sama memiliki sintaks ‘allinurl’ (ma’af terlewat di materi sebelumnya).
Nah untuk sintaks site sebenarnya adalah penggabungan 2 sintaks sekaligus, maksudnya sintaks ‘inurl’ atau ‘intitle’ bisa digunakan tanpa harus selalu diikuti oleh sintaks ‘site’, sintaks ‘site’ digunakan untuk memperkecil/menajamkan pencarian, itu juga jika kita sudah tahu alamat url-nya jika belum tidak usah di sertakan. Jadi rekan bisa langsung memasukan sintaks inurl, allinurl, intitle, dan atau allintitle pada Google tanpa diikuti sintaks ‘site’.

Terus belajar dan belajar lagi. Dede Hendriono GoBlog atuh… sok ah… tepat sekali. Semoga bermanfaat.
Tunggu Search and Find Anything with Google – Part 3…

2 thoughts on “Search and Find Anything with Google – Part 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s