Mempercepat Koneksi Internet

Jangan terbayangkan bahwa koneksi kita sangat cepat sekali, kita hanya akan menggunakan teknik Tunneling. Pada dasarnya jika kita mengakses sebuah server (website), komputer kita diarahkan secara langsung ke server tersebut. Misal kita akan membuka sebuah halaman website yang servernya terletak di Amerika, maka komputer kita secara langsung mengaksesnya ke server tersebut. Atau lebih sederhananya jika kita inging mengambil sesuatu yang ada di Amerika maka kita harus pergi sendiri ke Amerika. Terbayangkan oleh kita bergitu rumitnya perjalanan yang kita lewati, begitu banyaknya hambatan yang kita hadapi. Begitupun dunia networking. Teknik tunneling sama halnya dengan teknik pengiriman barang dengan bantuan kurir. Jika kita akan mengirim atau mengambil barang ke Amerika maka kita tidak perlu melakukannya sendiri, biarlah jasa kurir yang melakukan semua kerumitan dan hambatan yang dihadapi agar barang tadi bisa sampai ke tujuan. Begitupun tunneling, pada saat kita mengakses sebuah halaman webiste maka komputer kita hanya akan meminta bantuan sebuah server untuk menyampaikan dan mengambil halaman demi halaman website yang kita tuju. Selain itu server tunnel akan mengkompresi data yang kita butuhkan, karena itulah koneksi internet kita secara keseluruhan akan meningkat.

Sederhanakan? Tapi kemudian muncul pertanyaan, apakah bisa hal tersebut gratis? Bisa ya bisa tidak. Sekarang sudah banyak server tunnel yang menyediakan fasilitas ini, misal Nitro, Toonel(dot)Net, TrafficCompressor, OnSpeed dan masih banyak yang lainnya. Gratiskah mereka? Jelas tidak, kecepatan yang mereka tawarkan harus ditebus dengan muahal alias berbayar. Lalu buat apa saya menulis ini? Ya karena saya ingin berbagi server tunnel yang GRATIS. Baik mari kita bahas cara menghubungkan komputer kita ke server tunnel yang gratis, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membahas.

  1. Komputer anda harus terkoneksi dengan internet.
  2. Teknik tunnel ini cocok bagi yang menggunakan koneksi internet dengan fasilitas GPRS, tapi bisa juga untuk jenis koneksi lain.
  3. Harus sudah terpasang software tunneling, misal putty, silahkan anda download disini.

Ikuti langkahnya :

  1. Ekstrak menggunakan WinRAR dan simpan PuTTY.exe pada C:\WINDOWS
  2. Biarkanlah PuTTY tidur disana, tidak usah diaktifkan
  3. Klik Start Menu => Run dan masukan “putty -P 222 -N -D 9999 -C net@cepat.abangadek.com” tanpa tanda petik (“) setelah itu jendela DOS akan terbuka.
  4. Pada saat diminta password, ketikan “cepat123” tanpa tanda petik (“) dan Enter, tapi jangan heran pada saat memasukan password anda tidak melihat apapun, makanya anda harus hati-hati memasukan password, jika salah maka PuTTY akan memberitahu anda, jika salah lagi maka PuTTY akan terminate (close). Jika setelah memasukan password PuTTY tidak ada reaksi (kursor hanya turun) maka anda sudah betul.
  5. Arahkan agar browser menggunakan SOCKS proxy di localhost, port 9999.
  6. Selamat browsing dengan kecepatan baru tapi ingat ucapkan terima kasih pada Mas Harry karena sudah berbaik hati meminjamkan server-nya yang di Singapura untuk Tunneling, mudah-mudahan amal kebaikannya di balas oleh Allah SWT, amin…..

Image and video hosting by TinyPic

115 thoughts on “Mempercepat Koneksi Internet

  1. O iya saya baru inget, saya juga pernah baca di blog-nya Mas Harry Sufehmi. Tapi nggak tahu kenapa waktu itu gak berhasil (dulu pake telkomnet). Ntar saya coba lagi deh pake IM3. Thanx udah mengingatkan saya lagi (dengan menulis artikel ini). Soalnya lambat neh pake GPRS.

    Anda sendiri sendiri sudah coba belum? Cepet ga?

  2. Saya belum nyoba seh.. tp pernh tau trik ini bbrp bln yll.
    Akses “Tunel server” ke Internet mungkin gak masalah, karena dia dekat dan pnya BW gede ke Internet. Tp mungkin bs dipastikan dulu koneksi ke server Tunnel kita terhambat gak? Misal kita hanya pny bw 32kbps dan pas lagi padet.. apa mungkin juga akan cepet. Atau mungkin setidaknya bisa membuat koneksi lebih stabil x..
    great dech

  3. trik nya saya perlu banget mas, memang dari dulu saya perlukan, makasih. tapi sama perciss dengan Om Aciang, “lihat gambar di bawah…” gambar nya mana ya? dan port yang diisi “9999” cari dimana.
    mohon pencerahan dong

  4. Mas, anda buka pada bagian koneksinya (biasanya melalui menu tool -> option/preference), baik firefox, IE, maupun Opera kemudian isikan pada bagian http dan kebawahnya “localhost” (tanpa tanda petik), dan portnya isikan “9999”, mudah-mudahan membantu….

  5. Mas, anda buka pada bagian koneksinya (biasanya melalui menu tool -> option/preference), baik firefox, IE, maupun Opera kemudian isikan pada bagian http dan kebawahnya “localhost” (tanpa tanda petik), dan portnya isikan “9999″, mudah-mudahan membantu….

    Saya pake Firefox, kok gak mudeng ya???

  6. Arahkan agar browser menggunakan SOCKS proxy di localhost, port 9999 (lihat gambar dibawah)

    tolong langkah ini aku ga ngerti masssss…
    tolong harap dikirim penjelasan dan gambarnya ke emailku.
    makasi buanyakkk

  7. mas sampai sekarang saya belum berhasil, saya pakai firefox.
    tentang bagian “menggunakan SOCKS proxy di localhost, port 9999”

    1. di fire fox ada SOCKS v4 ada SOCKS V5 pilih yang mana
    2. ada HTTP Proxy, SSL Proxy, FTP Proxy, Gopher Proxy. apa semua diisi dengan “localhost” dan portnya 9999?
    3. SOCKS Host: ….. Port :……..
    4. No Proxy for :

    mohon bantuannya mas, dah lama nih belum sukses2.

  8. Mas,,Itu gimana?
    Kok banyak yg gk dijawab?
    Khususnya Setingn Pada Proxy..
    Portnya kan banyak?yg dimaksud diisi portnya itu yg mana?
    Di atasnya kan harus diisi manual Proxy,,Terus masak kita cuma disuruh yg masukin Port nya aajah ?
    Giaman itu mas?

  9. Yth Mas Harry
    Matur Nuwun
    Semoga Amal Baik Mas Mendapat Pahala Yang Berlipat Dari Yang maha Kuasa
    ( Sekedar info setelah saya baca blognya mas harry temen pada nanyain saya mulu, )

    Salam
    Tegar Pambudi

  10. Mas aku sudah pake Onspeed tapi napa ya pas maen game cs 1.6 online selalu putus-putus, mohon bantuannya. Untuk browsing seh aku ngak begitu peduli, soallnya Im2 Unlimited ini aku pakek hanya buat maen game Cs 1.6 aja. Thanks B4.

  11. Ping-balik: MEMPERCEPAT KONEKSI KE INTERNET DENGAN MODEM PC ATAU PAKE HAPE « Dozenix’s Master Web

  12. Terima kasih sebanyak-banyaknya setelah mengikuti langkah-langkah yang bapak terangkan download dan browsing tanpa halangan dan luar biasa cepat……. wow.. wow.. wow…Thank you verry much.

  13. Internet di Laptop/PC lambat dan mahal ??
    Saya akan menjelaskan software/aplikasi browsing yang menjadikan browsing di Laptop/PC 10x lebih cepat dan 10x lebih murah perjamnya hanya 1000 rupiah. Tampilan web tetap full, tidak ada pengurangan gambar

    Untuk informasi lebih lanjut hub 0897 950 7723
    Atau email ke darius_lin@yahoo.com
    Ditunggu ya…..

  14. wah makasih banget.. infonya brow??mm…cuman ada yg gw tanyakan dikit…kalo gw pake smart phone (modem)…lemotnya menta ampun??jadi gw harus bolak-balik ke warnet..(alias speed smartphone yg gw pake..ga bisa buat andalan)..btw smartphone koneksinya pake apaan ya brow?? thanks nih buat jawabannya

  15. mas, kok klo saya ikuti step yg ke 4 : Klik Start Menu => Run dan masukan “putty -P 222 -N -D 9999 -C net@cepat.abangadek.com” tanpa tanda petik (”), malah mucul jendela error seperti ini :

    “Unable to open connection to cepat.abangadek.com. Host does not exist.”

    itu bagaimana ya bos…??
    mohon bantuannya..

    mohon di balas k email saya saja biar lebih lengkapnya..
    thx…

  16. Bagi yg pake ceria and pengin koneksinya cepet bisa kontak ama aku, cari di facebook dgn alamat email anasmbahdien[at]yahoo.co.id. 80-100% ngacir dari yg dijanjikan(153,6 kbps). Entah kalo teknik tunneling SSH, belum dicoba. Btw bisa nyaingin broadband nggak nih.

  17. bro..PUTTY itu postingan taon 2007,bisa jadi udah gak fungsi lg,bisa cek langsung di blog harry. sufehmi.com,soal setting putty,dll di kolom comment lebih lengkap..

  18. wah parang gan,,, ini postingan tahun penjajahan, pantesan aja kalo server nya udah mati. ha ha ha ha. masak kudu mengorbankan hosting berbayar kita neh? web nya ntar ikutan lemot donk? apa gak di tegur ma yang punya hosting ntar??

  19. hmmmmm,…..~
    sorry ni mas ,…
    bkan na ap”..
    tpi cm mau nanya nii,…
    apa kompi aye g terlihat dari sana???
    nti udah aye pake,…situ bisa masuk k kompi aye,….
    kan brabe ntu,….
    tpi thanks dah postingan na,…
    bermanfaat tuuh,…!!
    tq,….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s